Koperasi Unitomo & Coca Cola Gelar Workshop untuk Bangun Personal Branding Mahasiswa
Rabu, (19/02) – Koperasi Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bekerja sama dengan PT Coca Cola Amatil Indonesia sukses menggelar workshop bertajuk Society Impact Program (SIP) Batch #1 yang berlangsung di Auditorium Ki Moh Saleh Kampus Unitomo. Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Dr. Soetomo yang diwakili oleh Wakil Rektor II, Suyanto, serta 150 mahasiswa yang antusias mengikuti pelatihan ini meskipun dalam suasana liburan.
Ir. H. Didik Budiyanto, MP Ketua Pengurus Koperasi Unitomo sedang memberikan laporan
Dalam sambutannya, Didik Budiyanto, Ketua Pengurus Koperasi Unitomo, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya koperasi dalam mendukung pengembangan soft skill mahasiswa, terutama dalam hal pengembangan personal branding yang penting untuk dunia kerja. "Saya sangat mengapresiasi mahasiswa yang hadir, meski dalam libur kuliah, mereka tetap antusias mengikuti pelatihan ini. Semoga materi yang disampaikan dalam Society Impact Program ini dapat memberikan manfaat besar untuk pengembangan soft skills mereka," ungkap Didik yang juga merupakan dosen senior Fakultas Pertanian ini.
Dr. Ir. Suyanto, MM Wakil Rektor II Unitomo sedang memberikan Sambutan
Pemberian Cenderamata dari PT. Coca Cola kepada Wakil Rektor Unitomo dan Ketua Pengurus Koperasi Unitomo
Suyanto, yang mewakili Rektor dalam acara tersebut, juga menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama antara Koperasi Unitomo dan PT Coca Cola Amatil Indonesia. Menurutnya, pelatihan ini sangat relevan dan efektif bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. "Pelatihan ini sangat tepat untuk membantu mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Kami berharap ke depannya kualitas materi dan jumlah peserta bisa lebih ditingkatkan lagi," ujar Wakil Rektor II Unitomo ini.
Suheriyanto, ST. Learning Operation & Digitalization Manager dari PT. Coca Cola sedang memaparkan materi pelatihan
Sementara itu Suheriyanto, sebagai pemateri dari PT Coca Cola Amatil Indonesia, berbagi pengetahuan tentang pentingnya personal branding dalam dunia profesional. "Personal branding adalah bagaimana seseorang ingin dikenal oleh orang lain, terutama dalam konteks profesional. Dengan personal branding yang kuat, peluang karier seseorang bisa meningkat pesat dan menarik perhatian perekrut," papar Suheriyanto, yang menjabat sebagai Learning Operation & Digitalization Manager Coca Cola.
Suheriyanto kemudian memberikan langkah-langkah praktis untuk membangun personal branding yang efektif. "Pertama, kita harus memahami tujuan dan pencapaian kita. Selanjutnya, kenali keterampilan yang dimiliki agar kita bisa menonjol dalam bidang yang kita tekuni," tambahnya.
Menurutnya, mahasiswa perlu mulai memperhatikan hal-hal tersebut sekarang juga, karena personal branding yang kuat dapat meningkatkan peluang sukses dalam berkarier. "Menariknya, dalam dunia kerja, perekrut bisa menilai kelayakan kandidat hanya dalam waktu 30 detik berdasarkan cara mereka membawa diri. Oleh karena itu, sebelum wawancara kerja, pastikan penampilan kita profesional dan rapi. Saat memperkenalkan diri, tampilkan kepercayaan diri yang tinggi dan hindari rasa gugup yang berlebihan," kata Suheriyanto menutup materi.
Salah satu peserta, Andi, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo, mengungkapkan kesan positifnya setelah mengikuti Society Impact Program (SIP) Batch #1 ini. "Saya merasa sangat terbantu dengan materi tentang personal branding. Sebelumnya, saya tidak menyadari betapa pentingnya cara membawa diri dalam dunia profesional. Setelah mengikuti workshop ini, saya jadi lebih yakin untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam mencari pekerjaan nanti," ujarnya dengan semangat.
Pelatihan yang diselenggarakan oleh Koperasi Unitomo dan Coca Cola Amatil Indonesia ini diharapkan dapat menjadi modal penting bagi mahasiswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif. Dengan pengembangan personal branding yang baik, mahasiswa tidak hanya akan siap secara akademik, tetapi juga memiliki kepercayaan diri dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia profesional.(Agbar/Rei-Ciphoc)